Detail Metadata

Survei Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Magelang Tahun 2022, 2022

Produsen : Bagian Organisasi
Sektor Kegiatan : Publik
Sumber Dana : APBD
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Bagian Organisasi, Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang

Penanggung Jawab Masalah Teknis

-

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

-

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

-

Penanggung Jawab Sumber Dana

-

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik serta memberikan perlindungan
bagi setiap warga negara dan penduduk dari penyalahgunaan wewenang
dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat.
Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik
adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) kepada pengguna layanan. Mengingat jenis layanan publik sangat beragam dengan sifat dan karakteristik yang berbeda, maka SKM dapat menggunakan metode dan teknik survei yang sesuai. Adapun aturan yang dijadikan pedoman pelaksanaan survei adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik, dimana Instansi pemerintah diamanatkan untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat
sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan secara berkala
paling sedikit sekali dalam satu tahun.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Survei dan penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap mutu pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur dan mengetahui kinerja pelayanan pada masing-masing Unit Pelayanan Publik.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Riwayat Kegiatan

Tahunan

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

Tahunan

Frekuensi Pengumpulan Data

-

Tipe Pengumpulan Data

-

Referensi yang Digunakan

Klasifikasi yang Digunakan

Klasifikasi/Master Wilayah : -
Klasifikasi/Master Komoditas :
Klasifikasi/Master Lapangan Usaha :
Klasifikasi/Master Lainnya :

Penyelenggara

Bagian Organisasi, Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang

Penanggung Jawab Masalah Teknis

-

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

-

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

-

Penanggung Jawab Sumber Dana

-

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Riwayat Kegiatan

-

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

-

Frekuensi Pengumpulan Data

-

Tipe Pengumpulan Data

Cross Sectional

Referensi yang Digunakan

Klasifikasi yang Digunakan

Klasifikasi/Master Wilayah : -
Klasifikasi/Master Komoditas :
Klasifikasi/Master Lapangan Usaha :
Klasifikasi/Master Lainnya :

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)  

Indeks Kepuasan Masyarakat adalah hasil pengukuran dari kegiatan
Survei Kepuasan Masyarakat berupa angka. Angka ditetapkan dengan
skala 1 (satu) sampai dengan 4 (empat).

-

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Mengisi kuesioner sendiri (swacacah)

Jenis Rancangan Sampel

Single Stage

Metode Pemilihan Sampel Stage Terakhir

Sampel Probabilitas

Rancangan Sampel

Kerangka Sampel

Area Frame

Unit Sampel

Penerima pelayanan publik yang pada saat pencacahan sedang berada di lokasi unit pelayanan, atau yang pernah menerima pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan

Alokasi Sampel

-

Cakupan Wilayah

Kabupaten Magelang

Unit Observasi

Unit pelayanan publik adalah unit kerja/kantor pelayanan pada instansi pemerintah, yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan pelayanan kepada penerima pelayanan.

Cakupan Responden

-

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

-

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Melakukan Pilot Study

Instrumen yang Digunakan

Petugas Pengumpulan Data

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

Penyesuaian Non Respon

Pengolahan Data

data kosong

Diseminasi Publikasi

data kosong

Dokumentasi