Metadata Indikator

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Nama Indikator Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
Konsep Definisi Indeks Kepuasan Masyarakat adalah nilai komposit hasil survei kepuasan masyarakat dari unit pelayanan publik yang merupakan nilai rerata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbang yang sama yaitu 1/9 (0,11111)
Rumusan

IKM = Rata-rata nilai SKM

Kegunaan

1. Diketahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik;

2. Diketahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik;

3. Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan atas hasil Survei Kepuasan Masyarakat;

4. Diketahui indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Pemerintah Pusat

dan Daerah;

5. Memacu persaingan positif, antar unit penyelenggara pelayanan pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan;

6. Bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan.

Interpretasi