Detail Open Data

Rata-rata Lama Sekolah Sedikit Mengalami Peningkatan

Rabu, 2 Maret 2022

Rata-rata lama sekolah merupakan salah satu komponen pembentuk indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Rata-rata lama sekolah merupakan indikator yang menunjukkan rata-rata jumlah tahun efektif untuk bersekolah yang dicapai penduduk. Rata-rata lama sekolah di Kabupaten Magelang dalam 10 tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan, dapat dilihat pada grafik berikut:

Perkembangan rata-rata lama sekolah Kabupaten Magelang Tahun 2010-2021:

Berdasarkan grafik diatas, angka rata-rata lama sekolah cenderung mengalami sedikit peningkatan. Pada tahun 2020 angka rata-rata lama sekolah 7,78 tahun meningkat menjadi 7,79 pada tahun 2021 . Meningkatnya angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Magelang memberi sinyal positif, bahwa penduduk Kabupaten Magelang mengalami peningkatan kesadaran untuk melanjutkan pendidikan walaupun secara persentase masih kecil. Dengan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Magelang sebesar 7,79 pada tahun 2021, artinya bahwa secara rata-rata penduduk Kabupaten Magelang usia 25 tahun ke atas hampir mengenyam pendidikan hingga kelas VIII atau setara dengan SMP kelas II.

Perlu adanya peran pemerintah dalam meningkatkan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Magelang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam sektor pendidikan. Upaya yang dilakukan adalah dengan memperkecil angka putus sekolah dan meningkatkan jumlah angka yang melanjutkan antar jenjang pendidikan.


Sumber : BPS