Detail Open Data

Pariwisata Kabupaten Magelang

Kamis, 31 Maret 2022

Kabupaten Magelang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai potensi wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, budaya, religi maupun wisata buatan. Secara Geografis, Kabupaten Magelang terletak di Jalur Wisata Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Adanya Candi Borobudur dan. banyaknya situs candi-candi budha, obyek wisata alam dan semakin banyaknya desa wisata menjadikan potensi pariwisata Kabupaten Magelang cukup menonjol.

Berdasarkan data Disparpora, pada tahun 2020 tercatat terdapat 92 tempat obyek wisata yang terdiri dari 30 wisata buatan, 18 obyek wisata budaya, 84 wisata alam, 20 obyek wisata religi dan 28 obyek wisata minat khusus. Kunjungan wisata ke Kabupaten Magelang pada tahun 2020 turun secara signifikan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Tercatat, pada tahun 2019 jumlah kunjungan wisata mencapai 5.063.027 orang, sementara pada tahun 2020 hanya sebanyak 1.155.674 orang yang terdiri dari 1.120.837 wisatawan domestik dan 34.837 wisatawan mancanegara. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi covid 19 yang melanda di sebagian besar negara-negara di dunia. Dengan adanya covid ini, banyak tepat-tempat daya tarik wisata yang tutup sementara.



Dengan adanya kunjungan wisatawan di Kabupaten Magelang, telah mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan pendukung wisata, seperti hotel berbintang dan hotel melati, restoran, rumah makan, agen perjalanan (travel biro), jasa hiburan, rekreasi dan olah raga. Pemerintah dan berbagai pihak bekerjasama mengupayakan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Magelang.


Sementara itu, kemajuan desa wisata akan memberikan perbaikan kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, salah satunya dengan keberadaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang mampu menjadi magnet ekonomi di sekitarnya. Sampai dengan tahun 2020, terdapat 20 Balkondes yang tersebar di masing masing desa di Kecamatan Borobudur.

 

Sumber : Disparpora