Detail Open Data

Produksi Peternakan Kabupaten Magelang

Kamis, 31 Maret 2022

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut baik berupa produk maupun jasa. Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi potong, sapi perah, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti kambing, domba, ayam, kelinci, itik dll.

Sapi potong kereman maupun sapi potong bibit dan itik magelang dengan ciri khas seperti terdapat kalung putih menjadi komoditas unggulan dari Kabupaten Magelang. Keunggulan peternakan didukung adanya dua pasar hewan yang besar, yaitu pasar Legi Grabag, dan Pasar Pahing-Kliwon Muntilan. Daya tampung masing-masing pasar tersebut berkisar antara 500 sampai dengan 1.000 ekor ternak besar (antara lain : sapi potong, sapi perah dan kerbau) selain itu juga menampung ternak kecil (antara lain : kambing, domba). Dukungan pasca panen berupa 2 Rumah Potong Hewan (RPH) yaitu RPH Grabag dan RPH Muntilan

Selain kedua jenis ternak yang merupakan unggulan di Kabupaten Magelang tersebut, ternak kambing/domba, dan unggas lainnya seperti ayam ras, ayam ras, kelinci juga dikembangkan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang. Produksi daging ternak pada tahun 2020 untuk sapi, domba, dan kambing masing-masing sebanyak 1.912,62 ribu kilogram, 1.121,24 kilogram, dan kambing 797,24 ribu kilogram.


Itik Magelang atau yang sebelumnya dikenal dengan itik kalung merupakan jenis itik asal Jawa Tengah yang cukup dikenal. Itik ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan itik lainnya, maka itik tersebut telah tersebar di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang. Keunggulan lainnya adalah mempunyai bentuk tubuh besar dengan bobot badan yang lebih berat, sehingga afkirannya lebih laku sebagai itik potong dan produksi telur yang tinggi. Secara spesifik itik Magelang ditandai dengan adanya lingkaran putih seolah-olah memakai kalung dan produksi telurnya tinggi. Pada tahun 2020, Produksi daging unggas di Kabupaten Magelang yaitu ayam kampung 1.246,58 kilogram, ayam pedaging 10.224,15 kilogram, dan ayam petelur 1.069,53 kilogram.


Selain kebutuhan daging, produksi telur di Kabupaten Magelang juga terlihat hampir di sebagian besar kecamatan. Produksi telur pada tahun 2020 sebanyak 17.070.165 kg yang berasal dari ayam petelu, itik, ayam kampong dan burung puyuh.


Sementara produksi susu di Kabupaten Magelang dalam lima tahun terakhir mengalami peningkatan 16.05 %. Pada tahun 2016, produksi susu sebanyak 705.231 liter sementara pada tahun 2020 mencapai 818.461 liter.


Dilihat dari sebaranya, tercatat hanya beberapa kecamatan yng mampu menghasilkan produksi susu. Kecamatan tersebut adalah Ngablak, Mertoyudan, Grabag, Sawangan, Kaliangkrik, Pakis dan Windusari

 


Sumber : Dispeterikan