Detail Open Data

Statistik ASN Kabupaten Magelang 2021

Kamis, 31 Maret 2022

Berdasarkan data dari BKPPD, ASN Kabupaten Magelang Tahun 2021 sebanyak 7.442 orang yang terdiri dari 4.621 (62%) orang wanita dan 2.821 (38%) orang laki-laki.


Aparatur Sipil Negara merupakan aset dan jaminan terbaik bangsa dalam menjalankan roda pemerintahan. Untuk itu, sangat penting bagi para ASN untuk selalu mengembangkan diri, terus belajar, terus bekerja keras, terus berinovasi, terus meningkatkan kapasitas dan daya saing yang positif, serta terus meluaskan jaringan. Pendidikan merupakan hal yang penting dalam menunjang karier sebagai ASN. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai objek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku, dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

Tingkat pendidikan terakhir para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dianggap penting sebagai tolak ukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap seorang PNS dalam memberikan pelayanan kepada warganya. Berdasarkan tingkat pendidikan, PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang dikategorikan menjadi enam kategori yang berbeda menurut tingkat pendidikan yang telah berhasil ditempuh yaitu SD, SLTP, SLTA, DI, DII, DIII dan Sarjana (S1 dan S2)

Berdasarkan data dari BKPPD (Desember 2021), PNS di Pemerintah Kabupaten Magelang didominasi oleh PNS telah menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1 dan S2) sebesar 63% atau sebanyak 4.707 orang. Kemudian  disusul oleh tingkat pendidikan Diploma III (D-III) yaitu sebanyak 1214 orang (16%) yang terdiri dari 979 wanita dan 235 laki-laki. Sementara itu tingkat pendidikan Sekolah Dasar memiliki persentase paling sedikit yaitu sebesar 1 persen. Hal ini ini menujukkan bahwa adanya kualitas para Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Magelang, sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan dan berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Magelang.


Sementara itu berdasarkan golongan, ASN Kabupaten Magelang mempunyai komposisi terbanyak adalah golongan Pembina (IV/a) sebesar 23 persen yang terdiri dari 665 laki-laki dan 1.075 wanita, dimana penyumbang terbanyak adalah berasal dari tenaga kependidikan. Kemudian disusul pada tingkat golongan Penata Muda Tingkat I (III/b)  sebesar 18 persen dan Penata Tingkat I (III/d) sebesar 15 persen

 

Sumber : BKPPD