Detail Open Data

Angka Harapan Hidup Kabupaten Magelang, 2020

Rabu, 2 Maret 2022

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Masyarakat yang memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, dapat melakukan aktivitas secara produktif dalam proses pembangunan.

Salah satu indikator pembangunan di bidang kesehatan adalah Angka Harapan Hidup (AHH). Angka harapan hidup dapat diartikan sebagai rata-rata perkiraan banyak tahun yang dapat ditempuh oleh seseorang sejak lahir. Angka ini diharapkan mampu mencerminkan “lama hidup” dan “hidup sehat”. Lama hidup seseorang, tidak terlepas dari kesehatan seseorang.

Angka Harapan Hidup penduduk Kabupaten Magelang mengalami tren peningkatan. Tercatat, selama lima tahun terakhir Angka Harapan Hidup meningkat 0,22 poin, dari 73,33 pada 2016 menjadi 73,72 tahun pada 2020.


Capaian AHH Kabupaten Magelang selama lima tahun terakhir berada di kisaran 73,  yang artinya rata-rata penduduk Kabupaten Magelang akan mempunyai harapan untuk terus hidup sampai usia 73 tahun. Sementara itu, tren AHH yang terus meningkat menunjukkan peluang bayi yang baru lahir untuk hidup semakin besar karena membaiknya derajat kesehatan masyarakat. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat disebabkan beberapa hal. Kemajuan teknologi di bidang kesehatan, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, serta meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap gaya hidup sehat, diduga turut memiliki andil dalam memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat tersebut. Selain itu, faktor kesehatan balita, ibu hamil dan penyebab kematian pada usia balita saat ibu melahirkan sangat perlu diperhatikan. Semakin dini kesehatan balita dan ibu hamil diperhatikan dan dengan bekal gizi yang baik, diharapkan taraf kesehatan juga akan semakin baik. Dengan demikian harapan hidup panjang akan lebih terwujud.


Selama 2020, jika dibandingkan secara kewilayahan se-eks Karesidenan Kedu, AHH Kabupaten Magelang menempati posisi ke-4, setelah Kota Magelang, Temanggung, dan Purworejo. Bila dibandingkan dengan Jawa Tengah, Usia Harapan Hidup Kabupaten Magelang tahun 2020 ternyata masih terpaut cukup banyak, yaitu 0,65 poin. Usia Harapan Hidup Jawa Tengah pada 2020 mencapai 74,37 tahun. Ketertinggalan ini tentunya perlu menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang menjadi prioritas pembangunan, terutama pembangunan di bidang kesehatan.

 

Sumber : BPS