Detail Open Data

Jumlah Desa Menurut Kecamatan

Kamis, 31 Maret 2022

Kabupaten Magelang merupakan kabupaten yang luasnya mencapai 1.085,73 km2 dengan ketinggian wilayah mulai 202 meter sampai 1.378 meter di atas permukaan laut. Kabupaten Magelang terdiri dari 21 kecamatan. Kecamatan terluas adalah Kecamatan Kajoran. Luas Kecamatan Kajoran mencapai 7,68% dari total luas Kabupaten Magelang, sedangkan kecamatan terkecil adalah Kecamatan Ngluwar dengan luas hanya 22,44 km2 atau sekitar 2,07%. Sebagian wilayah Kabupaten Magelang terletak di daerah lereng/ puncak gunung. Hal ini bisa dilihat dari letak desa di Kabupaten Magelang. Sebesar 36,56% desa di Kabupaten Magelang terletak di daerah lereng/ puncak.

Kabupaten Magelang terdiri dari 21 Kecamatan yang terdiri dari 367 desa dan 5 Kelurahan. Sebaran jumlah desa/kelurahan di masing-masing kecamtan sebagai berikut:


Terlihat bahwa kecamatan dengan jumlah desa terbanyak adalah Kecamatan Kajoran dengan jumlah 29 desa, kemudian disusul Kecamatan Grabag (28 desa). Sementara kecamatan dengan jumlah desa terkecil adalah Kecamatan Ngluwar dengan jumlah desa hanya 8 desa.

Sementara berdasarkan topografi, sebagian besar kondisi desa di Kabupaten Magelang berupa dataran dan lereng/puncak. Beberapa kecamatan yang mempunyai topografi lereng/puncak adalah Kecamatan Kajoran, Kaliangkrik, Windusari, Grabag dan Ngablak.

 

Sumber : Dispermades

Editor : Agustina P.