Detail Open Data

Kajian Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 oleh Desa/Kelurahan di Kabupaten Magelang

Senin, 31 Januari 2022

KAJIAN PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 OLEH    DESA/KELURAHAN DI KABUPATEN MAGELANG

 

 

Abstrak

Latarbelakang Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang telah menyebar di seluruh wilayah kecamatan dan beberapa desa. Desa/kelurahan diakui sebagai tulang punggung ketahanan dan keberlanjutan hidup bangsa. Untuk itu perlu mengukur kesiapan desa dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pemetaan kesiapan desa dikaitkan dengan kasus covid-19, serta pelaksanaan pencegahand dan penanganan covid-19 oleh desa/kelurahan.

Metode yang digunakan dengan mix method dengan desain sequential explanatory dengan total sampel kuantitatif sebanyak 372 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Magelang dengan 21 subjek yang dilakukan melalui FGD. Analisis menggunakan uji korelasi kendal’s tau dilanjutkan dengan generalisir hasil wawancara FGD.

Hasil penelitian sebagian besar 59% desa/kelurahan dengan kategori siap dalam menghadapi Covid-19, kategori sangat siap (29%) dan 12% menuju siap. Faktor yang mempengaruhi desa/kelurahan dalam kesiapan dalam penanganan Covid-19 antara lain keberadaan kelembagaan yang berfungsi dengan baik (nilai P 0,04) disertai Struktur, penanganan Covid-19 di tingkat desa/kelurahan (nilai P 0,00), adanya aktivitas melalui kegiatan edukasi pencegahan covid 19 baik mengenai PHBS dan protokol pencegahan Covid-19 (nilai P 0,00). Ada hubungan sangat erat antara kesiapan desa dengan keberadaan kasus Covid-19 (nilai P 0,00) dan semakin desa siap dan sangat siap pencegahan dan penanganan covid-19 semakin dapat menekan angka kejadian covid-19 (nilai P 0,001).

Kesimpulan semua desa telah melaksanakan upaya pencegahan dan penanganan covid-19, desa yang memiliki kesiapan dengan kategori siap/sangat siap memiliki kecenderungan mampu menekan angka kejadian Covid-19 dibandingkan dengan desa dengan kategori menuju siap.

 

Kata kunci : pencegahan covid-19, penanganan covid-19, kesiapan desa, corona

  

Selengkapnya bisa di lihat di link berikut: 

Selengkapnya : Naskah_Publikasi_Kajian_Pencegahan_dan_penanganan_Pandemi_Covid-19_oleh_Desa_Kel_di_Kab._Magelang_Th_2020_.pdf