Detail Open Data

Mantapkan Rencana Aksi, Bappeda Litbangda Gelar Forum Satu Data

Kamis, 10 November 2022

Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang melaksanakan Forum Satu Data Kabupaten Magelang. Forum Satu Data dilaksanakan di Ruang Rapat Studio Perencanaan Bappeda Litbangda, Kamis (3/11/2022). Acara dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Litbangda, yang diikuti oleh perwakilan dari Bappeda Litbangda, Diskominfo, Badan Pusat Statistik dan SKPD lainya.

Satu Data Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data dari pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, data-data tersebut juga mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi pusat dan instansi daerah.

Kepala Bappeda Litbangda, M. Taufik Hidayat Yahya, S.STP, M.Si mengatakan bahwa penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Magelang saat ini telah berada di track yang benar, namun perlu adanya akselerasi sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya dalam mendukung program pembangunan daerah. Satu data merupakan inisiatif pemerintah untuk mendorong pengambilan kebijakan berdasarkan data.


Beberapa pembahasan yang dihasilkan dalam forum data ini adalah penyusunan rencana aksi (renaksi) satu data. Rencana aksi ini adalah tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dalam penyelenggaraan satu data di Kabupaten Magelang. Tahapan renaksi yaitu perencanaan, penentuan daftar data prioritas, pengumpulan, verifikasi dan publikasi data. Daftar data prioritas terdiri dari data sektoral dan data geospasial.