Detail Open Data

Bulan November 2022, tercatat terjadi 48 kejadian bencana di Kabupaten Magelang

Jumat, 2 Desember 2022

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mencatat  sebanyak 48 kejadian bencana alam  terjadi di bulan November 2022. Kejadian bencana terbesar adalah tanah longsor sebanyak 32 kejadian, disusul dengan angin kencang sebanyak 6 kejadian, kebakaran sebanyak 5 kejadian, banjir sebanyak 2 kejadian dan 3 kejadian lainya.

Rekap Kejadian Bencana Bulan November 2022:


Sumber : SIKK


Tanah longsor yang melanda di Kabupaten Magelang selama bulan November 2022 hampir terjadi disebagian besar wilayah yaitu di Kecamatan Pakis, Borobudur, Salaman, Kajoran, Bandongan, Grabag, Mungkid , Sawangan, Windusari, Kaliangkrik, Mertoyudan dan Muntilan. Sedangkan kejadian bencana angin kencang terjadi di Kecamatan Mertoyudan, Ngluwar, Salaman,  Pakis, dan Dukun.

Kerugian dari kejadian bencana ini mengakibatkan kerusakan rumah (ringan) sebanyak 22 rumah dan kerusakan rumah (sedang) sebanyak 3 rumah.

Antisipasi bencana yang bisa dilakukan BPBD adalah melakukan sosialisasi ke masyarakat serta membentuk kelompok Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) dan tim reaksi cepat di semua wilayah desa/kecamatan. Selain itu upaya mitigasi juga dilakukan dengan pemeliharaan alat peringatan dini bencana tanah longsor atau Early Worning System (EWS) yang tersebar di 38 titik.

Dalam mengantisiasi setiap potensi bencana BPBD Kabupaten Magelang juga mensiagakan personil 24 jam, serta mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan mengingat hujan deras masih akan terjadi.