Detail Open Data

Walidata Gelar Desk Data Pusaka Magelang

Jumat, 24 Februari 2023

Kota Mungkid – Kegiatan Desk Data Pusaka Magelang Tahun 2023 bersama seluruh  Produsen Data Kabupaten Magelang pada hari Senin – Kamis (20 s.d 23 Februari 2023). Kegiatan ini dilaksanakan sesuai schedule yang telah disepakati dalam Forum Satu Data Indonesia (SDI) dengan daftar data prioritas meliputi : Data RPJMD, SDG’s dan Magelang Dalam Angka. Data tersebut merupakan hasil pencatatan dan pelaporan yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai produsen data.

Acara yang dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Siti Darodjah menyampaikan bahwa Penyelenggaraan SDI Kabupaten Magelang merupakan pelaksanaan amanat Perpres No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang ditindaklanjuti dengan Perbup No. 35 tahun 2022 tentang Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Magelang. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam penyelenggaraan SDI berperan sebagai Wali Data statistik sektoral.

 

Sebagai Walidata, Diskominfo memiliki peran strategis yang bertanggungjawab terhadap kualitas statistik sektoral yang dihasilkan oleh OPD selaku produsen data statistik sektoral. Diskominfo sebagai walidata bertindak dalam mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data tersebut untuk kemudian dipublikasikan

Harapannya, dengan adanya kegiatan desk data ini data yang dipublikasikan di Portal Pusaka Magelang sesuai prinsip-prinsip SDI, up to date, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.