Detail Open Data

Angka Partisipasi Sekolah Mengalami Kenaikan

Senin, 3 April 2023

Pendidikan memiliki peran penting dalam suatu negara untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan berkarakter. Kualitas Pendidikan yang memadai diperlukan penduduk untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Melalui pendidikan, seseorang bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan tata perilaku lainnya untuk menunjang keberhasilan hidupnya.

Salah satu indikator pendidikan disuatu wilayah adalah tingkat partisipasi sekolah. Tingkat partisipasi sekolah bisa dilihat dengan nilai Angka  Partisipasi  Sekolah (APS), Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK).  Angka partisipasi sekolah merupakan ukuran daya serap sistem pendidikan terhadap penduduk usia sekolah. Angka tersebut memperhitungkan adanya perubahan penduduk terutama usia muda. Ukuran yang banyak digunakan di sektor pendidikan seperti pertumbuhan jumlah murid lebih menunjukkan perubahan jumlah murid yang mampu ditampung di setiap jenjang sekolah.

Angka  Partisipasi  Sekolah  (APS) adalah  perbandingan  antara jumlah  murid  kelompok  usia sekolah  tertentu  yang  bersekolah pada berbagai jenjang pendidikan dengan  penduduk  kelompok  usia sekolah  yang  sesuai  dan dinyatakan  dalam  persentase. Makin  tinggi  APS  berarti  makin banyak  usia  sekolah  yang bersekolah di suatu daerah.

Angka  Partisipasi  Kasar  (APK) adalah  proporsi  anak  sekolah pada  suatu  jenjang  pendidikan tertentu  dalam  kelompok  umur yang  sesuai  dengan  jenjang pendidikan  tersebut.  Semakin tinggi APK berarti semakin banyak anak  usia  sekolah  yang bersekolah  di  suatu  jenjang pendidikan pada suatu wilayah.

Angka  Partisipasi  Murni  (APM) adalah  proporsi  anak  sekolah pada  suatu  kelompok  tertentu yang  bersekolah  pada  tingkat yang  sesuai  dengan  kelompok umurnya.  APM  selalu  lebih rendah  dibanding  APK  karena pembilangnya  lebih  kecil sementara penyebutnya sama.

Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Kabupaten Magelang tahun 2022 mengalami kenaikan untuk kelompok umur 13-15 tahun. APS untuk kelompok umur 7-12 tahun sebesar 99,79 persen, untuk kelompok umur 13-15 tahun sebesar 97,69 persen, dan untuk kelompok umur 16-18 tahun sebesar 72,95 persen.


Angka Partisipasi Kasar (APK) Kabupaten Magelang tahun 2022 untuk jenjang pendidikan SD sebesar 105,92 persen, sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA sebesar 106,74 persen dan 68,84 persen. Bila dibandingkan dengan tahun 2021 terjadi penurunan APK untuk jenjang pendidikan SD. Sedangkan untuk jenjang pendidikan Menengah Pertama mengalami kenaikan.


Sementara itu, Angka Partisipasi Murni (APM) Kabupaten Magelang pada tahun 2022 mengalami penurunan untuk tingkat pendidikan sekolah dasar. Pada tahun 2022 tercatat APM untuk jenjang SD sebesar 97,56 persen, untuk jenjang SMP sebesar 79,94 persen, untuk jenjang SMA sebesar 55,68 persen.



Sumber : BPS