Detail Open Data

Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Magelang, 2021

Kamis, 31 Maret 2022

Pada tahun 2021 kualitas pembangunan manusia Kabupaten Magelang berstatus "TINGGI", dengan nilai IPM sebesar 70,12.


Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu cara untuk mengukur taraf kualitas fisik dan non fisik penduduk. Kualitas fisik tercermin dari angka harapan hidup; sedangkan kualitas non fisik (intelektualitas) melalui lamanya rata-rata penduduk bersekolah dan angka melek huruf; dan mempertimbangkan kemampuan ekonomi masyarakat yang tercermin dari nilai purcashing power parity index(ppp).

Secara umum, pembangunan manusia di Kabupaten Magelang mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Nilai IPM Kabupaten Magelang Tahun 2021 sebesar 70,12 mengalami peningkatan 0,25 poin atau tumbuh sebesar 0,36 persen dari tahun 2020. Kenaikan IPM ini didukung oleh kenaikan semua indikator penyusun IPM.


Kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Magelang berstatus “tinggi”. Sementara itu, jika dibandingkan dengan IPM Jawa Tengah, capaian IPM Kabupaten Magelang masih berada di bawah capaian IPM Jawa Tengah. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan pembangunan di Kabupaten Magelang masih di bawah kemajuan pembangunan di Jawa Tengah pada umumnya. Diperlukan usaha lebih dari pemerintah Kabupaten Magelang untuk bisa mengejar ketertinggalan ini. Kebijakan pengalokasian anggaran terhadap sektor pendidikan dan kesehatan menjadi cerminan keberpihakan pemerintah terhadap aspek pembangunan manusia.

IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat digambarkan oleh indikator Angka Harapan Hidup (AHH). Pengetahuan (knowledge) digambarkan oleh indikator Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) serta Harapan Lama Sekolah (HLS). Standar hidup layak digambarkan oleh indikator Pengeluaran Per Kapita yang disesuaikan.

Angka Harapan Hidup saat lahir merepresentasikan dimensi umur panjang dan hidup sehat. Pada 2021, AHH saat lahir di Kabupaten Magelang sebesar 73,88 tahun, yang artinya bayi yang lahir tahun 2021 memiliki peluang untuk hidup hingga umur 73,88 tahun. Semakin lama Angka Harapan Hidup, maka kualitas kesehatan di wilayah tersebut semakin baik.

Selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir, Harapan Lama Sekolah (HLS) menunjukkan tren yang terus meningkat. Sampai dengan 2021, HLS Kabupaten Magelang mencapai 12,55 tahun yang berarti bahwa anak-anak di kabupaten Magelang memiliki harapan untuk dapat menamatkan pendidikan hingga Diploma 1. Rata-rata Lama Sekolah (RLS) tahun 2021 di Kabupaten Magelang sebesar 7,79 tahun yang artinya rata-rata penduduk Kabupaten Magelang usia 25 tahun ke atas telah menyelesaikan pendidikan selama 7,79 tahun.

Sementara itu, kemampuan daya beli masyarakat Kabupaten Magelang, yang diukur dari pengeluaran riil per kapita yang disesuaikan juga mengalami kenaikan. Tercatat pengeluaran per kapita per tahun di Kabupaten Magelang pada 2021, adalah sebesar 9,30 juta rupiah, naik sebesar 1,50 persen dibanding kondisi 2020.

Sumber : BPS