Detail Open Data

Bulan Januari 2023, terdapat 36 Kejadian Bencana di Kabupaten Magelang

Kamis, 2 Februari 2023

Awal tahun 2023, di Kabupaten Magelang telah terjadi 36 kejadian bencana alam. Dengan rincian, tanah longsor sebanyak 25 kejadian, angin kencang sebanyak lima kejadian, tiga kejadian kebakaran, satu kejadian banjir dan dua kejadian lainya. 


Melihat kondisi geografis wilayahnya, dimana Kabupaten Magelang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan, sangat berpotensi terjadinya bencana hidrometrologi, terutama saat musim penghujan.  Di bulan Januari 2023 ini, tanah longsor terjadi di beberapa wilayah yang disebabkan karena hujan dengan intensitas sedang maupun tinggi. Wilayah yang terdampak tanah longsor meliputi Kecamatan Sawangan, Mertoyudan, Windusari, Salaman, Kajoran, Bandongan, Secang, Tempuran dan  Mungkid.

Angin kencang juga melanda disebagian wilayah Kabupaten Magelang, diantaranya terjadi di Kecamatan Mungkid, Tegalrejo, Kaliangkrik dan Salaman. Dari sejumlah kejadian bencana tersebut mengakibatkan kerusakan ringan sebanyak tiga rumah dan satu rusak sedang.

Untuk mengantisipasi bencana yang bisa dilakukan BPBD Kabupaten Magelang adalah dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat serta membentuk kelompok Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) dan tim reaksi cepat di semua wilayah desa/kecamatan. Selain itu upaya mitigasi juga dilakukan dengan pemeliharaan alat peringatan dini bencana tanah longsor atau Early Worning System (EWS) yang tersebar di 38 titik. Diharapkan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan mengingat hujan deras masih akan terjadi.

 

Sumber : SIKK Kabupaten Magelang.